Wishful wednesday #10 : Everyday

Tag

, ,


Gimana rasanya tiap pagi bangun dengan tubuh yang berbeda. Itu yang dialami A dalam novel “Everyday” ini setiap harinya, dan seolah belum cukup sampai disitu, ia terjebak (dengan badan yang berbeda setiap harinya) mencintai satu gadis yang sama. Ceritanya sangat tidak biasa. Sehingga langsung masuk wishlist saya dan bolehlah dipamerin di Wishful wednesday. Sekilas ngingetin saya sama “before I fall” nya Lauren Oliver sih. tapi pasti bakal beda banget nih.

13262783

Btw, ini pertama kalinya saya ikutan meme ini lagi setelah sekian tahun berjalan. Semoga aja bisa segera diterbitkan terjemahannya disini, bir dapat harga lebih murah.😀. Sebenarnya versi Bahasa Inggris buku ini udah ada di periplus dan Open trolley juga, cuma harganya beda jauh dengan yang ada di Bookdepo. (jauuuh banget)

wishful-wednesday4Ayo ikutan meme ini juga, buat ngingetin diri sendiri biar semangat ngincar wishlistnya. Dan kali aja gitu bisa beruntung dan wihlistnya dikabulin. Gini nih caranya (agak beda sama yang biasanya, karna ini spesiallll) :

  1. Buat posting Wishful Wednesday di blog-mu – (yep, it’s only for blogger this time, sorry guys!). Tapi nggak harus blog buku kok, yang penting blog-mu masih aktif. Jangan lupa cantumkan button Wishful Wednesday dalam postinganmu (bisa di-copy dari postingan ini). Posting diterbitkan di blog masing-masing antara hari Rabu, 24 Februari 2016 sampai Senin, 29 Februari 2016, bertepatan dengan Wishful Wednesday [183] di blog ini.
  1. Isi postingan adalah tentang buku yang sedang menjadi wish-mu saat ini (boleh lebih dari satu buku), beserta alasan kenapa kamu ngebet banget pengen punya buku tersebut. Tampilkan juga gambar cover buku incaranmu ya!
  1. Syarat buku inceran:  Buku boleh berbahasa Indonesia maupun Inggris, tapi harga  maksimalnya (setelah harga diskon dan total di luar ongkir) adalah IDR 120,000 atau USD 11. Dalam postingan tersebut, kamu wajib mencantumkan link tempat buku ini bisa dibeli online (contoh toko buku online lokal: Bukukita.com, Bukabuku.com, Inibuku.com). Untuk buku berbahasa Inggris, hanya dapat mencantumkan link bookdepository.com (free ongkos kirim ke Indonesia), atau opentrolley.co.id dan periplus.com. Pastikan buku incaranmu masih tersedia stoknya, dan bukan merupakan buku yang sudah tidak diterbitkan (out of stock/out of print).
  1. Setelah posting, kamu wajib memasukkan link postinganmu ke Mr.Linky yang ada di bagian bawah postingan ini. DUA orang (yep, dua lho!) pemenang akan dipilih menggunakan random.org berdasarkan nomor urutannya di Mr. Linky. Setiap blog hanya boleh membuat satu postingan dan memasukkan satu link ke Mr. Linky.
  1. Giveaway ini diadakan antara Rabu, 24 Februari 2016 sampai Senin, 29 Februari 2016. Link postingan di Mr. Linky dapat disubmit saat Wishful Wednesday [183] terbit, dan link terakhir ditunggu hingga pukul 23.59 WIB tanggal 29 Februari 2016. Peserta yang sudah posting tapi tidak memasukkan link-nya ke Mr. Linky hingga batas waktu yang ditentukan, dianggap GUGUR.
  1. Pemenang akan diumumkan hari Rabu, 2 Maret 2016 pk. 10.00 WIB melalui blog ini. Pemenang diberikan waktu 2×24 jam untuk konfirmasi melalui email ke astridfelicia@hotmail.com. Bila lebih dari waktu tersebut belum ada konfirmasi, maka akan dipilih pemenang lainnya. Pemenang harus memiliki alamat kirim di Indonesia.
  1. Bila buku yang menjadi wishlist sudah tidak dicetak lagi, atau tidak bisa ditemukan di website yang sudah dicantumkan, maka pemenang diberi kesempatan satu kali lagi untuk memilih buku lainnya.

 

In a Blue Moon

Tag

, , , ,


25053346“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

Makin hari minat baca makin menurun, tapi semangat menimbun gak ikut turun -“___-. Padahal waktu luang makin banyak. Jadi saya putuskan untuk memulai lagi dengan buku-buku yang “ringan”, kayak novel ini. Apalagi tokoh utamanya seorang chef dan seorang baker🙂. Pengalaman saya membaca buku-bukunya Ilana Tan gak buruk, tapi nggak luar biasa juga. Boleh dikatakan memang pas buat ngisi waktu luang aja😀. Dan sepertinya keputusan saya cukup tepat, karna buku ini berhasil saya selesaikan beberapa jam saja dan saya gak harus ikut kebawa wmosi juga ngikutin kisahnya.

Hampir keseluruhan novel diisi dengan yang manis-manis aja. Kayak makan harum manis gitu. Enak sih, tapi kalau kebanyakan bikin eneg juga kan? Saya sempat berpikir, jangan-jangan ini bakalan kayak Sunshine Becomes You juga, konflik sebenarnya ada di bab bab terakhir. Di sepertiga terakhir saya mulai khawatir, siapa nih yang bakal “sakit”? Untungnya sampai akhir kisah, tokoh-tokohnya masih baik-baik saja. ^_^

Walaupun minim konflik, tapi menurut saya endingnya lebih baik begini. Penulis konsekuen memanjakan pembaca dengan kisah yang benar-benar manis. Bayangin aja lagi nonton FTV. Gak perlu mikir panjang setelah nontonnya.

Novel ini gak sampai jadi favorit, tapi saya suka. Cukup buat bikin semangat baca saya bangkit lagi. Apalagi profesi kedua tokoh mendapat porsi yang cukup di kisah ini. maksud saya, kita tahu kalau Lukas Chef yang hebat bukan dari narasinya saja. tapi juga lewat beberapa adegan di tempat kerjanya. Ditambah lagi gaya penceritaan Ilana Tan yang sederhana, bikin kisah keseharian mereka jadi lebih real aja. Ini opini saya saja, tapi buat saya ini lebih baik dari Sunshine Becomes You.

Judul Buku            : In a Blue Moon

Penulis                  : Ilana Tan

ISBN                    : 9786020314624

Penerbit                : Gramedia Pustaka utama

Tahun terbit           : April, 2015

Format                   : 320 halaman Paperback

Genre                    : Romance, metropop

 

Lara

Tag

, , , , ,


Namaku Larashinta. Panggil aku Lara.

Aku benar-benar tak mampu lagi menyangkal perasaan aneh yang semakin berat menggelayuti hati dan pikiran. Aku merasa seperti mengambang dan tidak berada di dalam kehidupanku. Aku bahkan tidak bisa mengingat jadwal kuliah dan tugas-tugasku. Aku benar-benar terasing, seolah hidup sendirian di dunia ini. Aku tidak bisa bertemu dengan sahabat dan teman-temanku, aku juga tidak bisa mengobrol santai dengan Mbak Saras, kakakku.

Situasi ini membuatku frustrasi. Rasanya bagaikan berjalan di atas bumi yang kehilangan daya gravitasi. Segala usaha yang aku lakukan untuk menjejakkan kaki di atas daratan terasa sia-sia. Apa yang sebenarnya terjadi padaku?

25392986Novel ini bergenre dark drama – mungkin bagian dari novel gothich. Tapi sepertinya memnag tepat disebut dark drama karena menceritakan kegelapan kehidupan dan pikiran tokohnya. Tadinya saya pikir ini adalah sejenis novel horror lagi.🙂

Dari awal sampai akhir, kita dibawa menyelami pikiran-pikiran Lara. Semuanya tumpang tindih antara masa lalu dan saat ini. Hubungan Lara dengan orang-orang disekitarnya diceritakan dengan porsi yang pas.  Tidak runtut memang, tapi membuat kita mengerti bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan lara.

Disadari atau tidak, alam bawah sadar manusia lebih sering berasumsi bahwa keinginan dan harapn-harapan yang dimilikinya semestinya mutlak terpenuhi. (hal-138)

Plotnya yang mengecoh sempat menjerumuskan saya pada dugaan dugaan yang keliru. Sama seperti novel mbak sybill sebelumnya, saya masih merasakan sensasi lari marathon dari novel ini.😀. Penulisl menjaga rapat-rapat twistnya sampai di bab-bab terakhir. Tapi, penulis memvisualisasikan adegan mencegam sejak awal bab, yang berhasil membuat saya terus menduga-duga kemana cerita ini nantinya sepanjang membaca.

Novel ini sangat minim dialog, yang bagi saya justru sangat tepat karna membuat iklim darknya lebih terasa. saya bayangkan seandainya ada lebih bvanyak dialog akan membuatnya jadi biasa biasa saja.

Meskipun penulis baru memberikan bocorannya di lembar lembar menuju akhir, saya merasa lega. Endingnya memang bukan seperti yang saya harapkan. Tapi penulis mengakhiri kisahnya setelah semuanya benar-benar selesai. Setelah menamtkan novel ini, pembaca tidak akan melontarkan pertanyaan tambahan. Tentang bagaimana nasib tokoh ini atau tokoh itu. Semua masalah terselaikan. Dan penyelesaian masalahnya tidak terkesan dipaksakan atau terburu-buru. Semuanya sudah digambarkan sedikit-sedikit sejak awal cerita. Kita tinggal merangkum puzzle-puzzle yang bertebaran di sepanjang novel ini. Baru kali ini saya puas dengan ending sebuah novel.

Waktu terus berjalan, tak akan pernah bisa diputar ulang. Apapun yang telah terjadi hingga saat ini tak bisa diubah. (h-151)

Judul Buku            : Lara, dark story of a Woman

Penulis                  : Sybill Affiat

ISBN                    : 978-7572-38-6

Penerbit                : Styletto Book

Tahun terbit           : April, 2015

Format                   : 233 halaman Paperback

Genre                    : Gothic, Dark Drama

Facebook On Love 2 : Takdir Cinta

Tag

, , , , ,


Tak peduli apa kata dunia, Fadli, The Crown Prince of Kusharyawan Megah Grup tetap nekat menikah dengan the commoner Dayana a.k.a. Dea. Padahal cinta mereka tadinya justru berawal dari ‘permusuhan’ di wall Facebook.

Berbagai peristiwa menguji pernikahan muda mereka, mulai dari kedatangan mantan-mantan pacar sang pangeran, permasalahan tiga anak mereka yang bukan darah daging Dea, hingga isu ‘status gelap’ Fadli di masa lalu. Semuanya membuat Dea nyaris lelah bertahan.

Di saat-saat tertekan itulah, muncul seorang Chandra Wibawa, cinta pertama Dea saat masih SMA. Ia seorang lelaki kharismatik yang paling tulus dan pengertian yang pernah dikenal Dea. Mengetahui si jenius Chandra masih sendiri, Dea pun berusaha menjodohkannya dengan Tita, salah satu sahabatnya di Geng Tikus Pengerat yang juga seorang ‘hantu Facebook’.

Akan tetapi, badai tak kunjung mereda di dalam rumah tangga Fadli dan Dea. Misteri dan tanya menjadi tumpang tindih. Apakah cinta lama akan bersemi kembali? Menjadi his Queen Fabiola lagi di hati Chandra?

Sekuel Facebook on Love yang segar, tapi juga mengaduk emosi

8407205Huwa, sebenarnya bingung gimana mau review buku ini biar gak spoiler. Ditambah lagi masih ada sisa-sisa mewek dari endingnya yang bikin nyesek. Sebenarnya endingnya udah manis koq dimana semua orang dapat giliran bahagianya masing-masing. Tapi aku udah terlanjur berharap kalau yang bakjal happyly ever afternya itu Dea dan Fadly.

Oke, mari kita bahas satu satu tentang sensasi rasaku usai menuntaskan buku ini. Sejak awal sampai pertengahan buku aku gak berhenti ngakak bacanya. Mbak Ifa piawai sekali meciptakan adegan-adegan komikal yang memncing tawa. Narasinya juga tetap manis dan mengalir. Meski kali ini, gaya bahasanya lebih nyantai ala metropop, tapi tetap aja mbak Ifa mampu menciptakan adegan-adegan romantis dalam rumah tangga Fadly dan Dea. Misalnya seperti ini :

Fadly dengan sok imut ‘nemplok’ di punggung Dea. “Galak!” bisiknya di telinga istrinya. karena tak mengantisipasi, tubuh Dea menjadi condong ke depan.

“Gila ya kamu! Aku lagi hamil gini kok ditemplokin kayak koala. Lepas!” Omelnya.

Menahan senyum, Fadly segera merangkulkan lengan kukuhnya di bahu Dea. “Kamu bawel betul sih, Sweet?”

Tanpa kata-kata puitis yang melankolis, mbak Ifa menggambarkan dengan biasa-biasa saja keintiman Fadly dan Dea. Namun justru hal itulah yang membuatnya lebih terasa dalem.

Sejak awal, kupikir ini adalah sejenis komedi romantis murni. Tapi sayangnya menurutku mbak Ifa seperti “hilang arah” tentang kemana novel ini akan dibawanya. Pasca ngakak-ngakak di setengah isi buku pertama, kita “dipaksa” mewek-mewek dengan kemalangan beruntun yang menimpa rumah tangga mereka. Rasanya seperti nonton sinetron yang pakai season-season di TV. Season awalnya oke, rom-com abis. Tapi tahu-tahu di season dua jadi menye-menye kayak yang lain. (eh, bukan berarti aku penggemar opera sabun ya -__-). Untungnya teman-teman Dea di geng tikus pengerat tetap “konsisten” dengan kelucuannya. Dan kehadiran Chandra yang oh so perfect dan baiknya kebangetan menjadikan ia “pantas” jadi the new leading male role.

Selain narasi-narasi biasa, mbak Ifa juga menyajikan cerita dalam bentuk status dan note facebook. Juga ada beberapa halaman berupa dialog YM dan SMS. Hal ini membuat novel menjadi lebih real dan ngena. Tapi sayanganya menurutku ada beberapa celah kecil yang membuatku bertanya-tanya. Misalnya dalam tiap note dan status tokoh. Yang komen dan di tag cuma tokoh-tokoh lain yang juga jadi fokus di novelnya. Memangnya di FB mereka gak punya teman lain gitu ya? #Kepo .

Etapi terlepas dari uneg-unegku tadi, aku tetap suka banget sama novel ini.Makin mendekati ending, akan banyak twist-twist tak tertebak. Yang kalau aku sebutin bakal jadi spoiler.  Intinya novel ini konsisten banget sama taglinenya : “True Love Ways”. Benang merah cerita di novel ini memang tentang jodoh dan takdir cinta. Hihi, padahal belum baca novel pertamanya. Penasaran gini jadinya😀.

Keterangan Buku

Judul Buku            : Facebook on Love 2 : True Love Ways

Penulis                  : Ifa Avianty

Editor                     : Azzura Dayana

Penerbit                : Lingkar Pena Publishing House

Tahun terbit           : 2010

Format                   : 269 halaman Paperback

Genre                    : Romance

Di novel ini, juga bertebaran lirik-lirik lagu yang pas banget jadi theme song saat membaca buku ini. Misalnya lagu ada band yang ini.

Wishful Wednesday #9 : Draf 1

Tag

, , ,


Waw, udah lama banget yah gak ikutan pamer wishlist di wishful wednesday. Kali ini mau ikutan lagi ah. Siapa tahu bakal ada peri buku baik hati yang akan mengirimkan buku inceran. #Ngareppp

Berhubung lagi semangat-semangatnya (sok) nulis novel. Jadi kayaknya aku butuh kitab khusus deh supaya tetap berada di jalan yang benar. Jadi fiksi pertamaku nanti gak parah-parah amat😀. Sebenarnya udah punya beberapa buku panduan nulis. Tapi rata-rata isinya sama sih, gak ada yang moodbaster sehingga bikin skill nulisku meningkat. Jadi aku ngarep banget bisa punya buku ini :

15865291

Menulis itu susah? Banget.
Terutama kalau kita nggak punya komitmen kuat dan disiplin untuk itu.

Truth to be told, menulis itu gampang-gampang susah. Terkadang terasa mudah dan menyenangkan, apalagi jika ide mengalir selancar air. Namun, menulis juga dapat terasa sulit karena tanpa teknik yang benar dan loyalitas untuk kembali ke halaman-halaman yang belum rampung, tulisan kita akan terus tidak selesai atau menjadi sebaik yang kita inginkan.

Selama ini, banyak sekali teman yang bertanya kepada saya:

– Gimana sih, caranya menulis fiksi yang enak dibaca?
– Bagaimana caranya menciptakan konflik yang nggak klise?
– Gimana caranya menulis cerita dari awal sampai akhir?
– Ceritaku mandek dan nggak kelar-kelar, gimana ya supaya aku bisa menyelesaikannya?
– Bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit, dan apa yang bisa kita lakukan supaya naskah tersebut ‘dilirik’?
– Lalu, prosedur penerbitannya bagaimana?

Bagi kalian yang ingin tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, well, this book might be the one for you.

Dan, mari bersama-sama menikmati proses menyenangkan menulis naskah fiksi pertamamu

Ayo yang mau ikutan share wishlistnya bisa ikutan meme ini juga loh. Berikut ketentuannya :

  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

wishful-wednesday4