Tag

, , , , , , , ,


Takdir menggiring Deus untuk bertemu dengan Ratu Seraph. Namun, cinta yang tumbuh antara seorang pengawal dan Ratunya itu adalah cinta terlarang. Demi membuktikan kesungguhan cintanya dan kepantasan dirinya untuk bersanding dengan sang Ratu, Deus menyanggupi tantangan untuk membantai sembilan naga legenda. Para naga terakhir, penguasa Vandaria.

Berbekal cinta dan senjata pusaka, Deus siap menantang takdirnya sendiri.
Dia adalah…
Sang Penantang Takdir.

Sejak awal mengenal vandaria saya sudah menaruh harapan pada kisah ini. Saat itu, di halaman belakang “Harta Vaeran” sudah ada info akan terbitnya buku ini. Saya pikir saat itu, Sang penantang Takdir akan terbit kemudian.   Tapi saya salah, berturut-turut saga vandaria yang terbit adalah Ratu Seribu Tahun, Takdir elir, Kristalisasi dan Hailstorm. Dan dari kesemuanya itu (yang lini masa tidak selalu berurutan) seringkali terselip keterangan mengenai Edenion, kejayaan serta keruntuhannya. Dan selama itu pula, saya selalu dibuat penasaran dengan berbagai publikasi yang mengatakan bahwa buku Sang penantang Takdir ini adalah fondasi dari dimensi waktu Vandaria.

Maka ketika buku ini sampai ditangan saya (gratis pula :D) gembiranya saya jadi berlipat-lipat. Walau dengan mencuri-curi waktu, saya berhasil menyelesaikan buku ini dan dibuat penasaran menantikan sequelnya “Sang Raja Tunggal”.

Bagi penggemar Vandaria yang juga menggandrungi vandaria wars, pasti akan langsung ngeh sama cerita ini. Karena itu mas “Amy Raditya” sebagai pencipta hikayat Vandaria menyebutnya sebagai Urban Legend di dunia Vandaria. Jadi yang terpenting dalam kisah-kisah yang udah jadi urband legend tersebut (sudah diketahui banyak orang) adalah plot dan penceritaannya yang menartik.

Syukurnya, Ardani Persada berhasil meramunya jadi kisah petualangan yang epik sempurna. Walaupun (menurut saya) masih terdapat bolong-bolongnya juga. Yang paling ganggu itu dari segi logika ceritanya. Tapi makin kebelakang makin bagus koq dan epilognya twisted banget.

Di luar semua itu, epik dalam novel ini menurut saya jauh lebih baik dari saga-saga vandaria sebelumnya. Dan yang sangat membantu adalah gaya penceritraan Ardani Persada yang bikin buku ini jadi gak ngebosenin. Padahal cukup tebal loh (hampir 400 halaman). Poin penting lainnya adalah penokohannya yang cukup kuat. Jadi meskipun tokoh-tokoh dalam novel ini cukup banyak, kita masih tetap bisa ngingat-ngingat mereka karena karakternya udah kuat.

Akhir kata, saya beri empat bintang untuk buku ini di goodreads. Dan saran buat teman-teman yang sama sekali belum kenal vandaria, buku ini pas banget kalian baca pertama kali. Karena ini merupakan tonggak awal dari sejarah-sejarah yang terjadi di Vandaria. Buat yang udah malah melintang di dunia Vandaria, yang udah pada ngeh gimana endingnya ntar. Buku ini tetap recommend banget. Inilah awal mulanya, mengapa begini… begini… Happy reading!!!😀

About The Author

Sebelumnya Ardani Persada juga sudah menulis buku fantasi yang merupoakan bagian dari saga Vandaria pula. “Ratu Seribu Tahun” novel debutnya tersebut dinobatkan sebagai salah satu novel fantasi lokal terbaik tahun 2011. Beliau bisa dihubungi via twitter @AuthorDani (dikutip dari halaman belakang buku Sang penantang Takdir, foto di download dari fbnya om Ardani Persada :D)

Keterangan buku :

Judul Buku            : Vandaria Saga, Sang Penantang Takdir

Penulis                  : Ardani Persada

Ilustrator               : Henry Trisula

editor                    : Louis Javano

Pencipta Hikayat   : Ami Raditya

Penerbit                : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan Pertama : July 2012

Tebal                     : 378 halaman, paperback

Tareget                  : Remaja

Genre                      : Fantasy

ISBN                      : 978-979-22-8663-2