Tag

, , , , ,


Seperti gadis remaja lainnya, Lily Sanderson juga sibuk kelimpungan mengingat pesta prom yang sudah semakin dekat. Namun ia bukanlah cewek SMA biasa, yah karna anak SMA biasa pasti tidak memiliki sirip. Lily adalah blasteran manusia dan putri duyung. Dan demi menjaga eksistensi Talasemia, negeri duyung. Lily harus menyembunyikan kenyataan itu dari teman-temannya.

Sebelum ulang tahunnya yang ke 18, Lily bertekat memperkenalkan laki-laki manusia yang ditaksirnya -Brody- pada ayahnya yang merupakan raja Talasemia. Namun sebuah insiden justru membuat Lily terikat secara mistis dengan Quince, cowok nakal sebelah rumah yang sangat menyebalkan. Sebelum ikatan tersebut resmi dilepaskan, mereka diberikan tenggang waktu untuk bermediasi. Dan ternyata Quince tidak seburuk yang dibayangkan lily. Selama waktu itu, hati lily terombang ambing. Pada akhirnya cinta sejati memang tak bisa didapat begitu saja.

Tertarik baca buku ini karna ada putri duyungnyaūüėÄ Gak tahu kenapa cerita-cerita bertema mermaid selalu menarik buat saya. Memang sih diawal-awal saya agak ngernyit dulu karna bahasanya yang terlalu tipikal young adult kebanyakan. Premisnya pun sebenarnya sederhana dan gampang ditebak. Tapi untungnya Tera Lynn mengimbanginya dengan kedetail-an latar dan setting cerita. Penokohannya juga jelas dan chemistry antar karakternya berasa banget.¬†

Yang saya baca ini adalah edisi Indonesia yang diterbitkan Metamind. Menurut saya penerjemahan dan editingnya sudah bagus. Penerjemahnya cerdik sekali memilih padanan kata sehingga tidak terasa kaku dan nyantai. Tapi cover luar kayaknya lebih keren yak. Coba bandingin deh.

Btw, ini buku pertama dari Series #Fins loh. Sejauh ini, di negeri asalnya buku ini sudah mencapai seri ke 3. Yaitu #1 Forgive My Fins, #2 Fins are Forever dan #3 Just for Fins. Tiga bintang untuk buku iniūüôā Expect to read the second book soon.

Tentang Penulis 

Tera Lynn Childs adalah penulis kelahiran Minneapolis, Minnesota. Penulis yang sangat nebyukai dunia mermaid telah menerbitkan setidaknya 9 novel dan beberapa kumpulan cerpen. Tera menyelesaikan study masternya di bidang historic  Preservation di Colombia University. Saat ini menetap di Houston, Texas. (http://teralynnchilds.com)

FYI:

  • Legenda tentang manusia duyung sudah sangat terkenal dan ada hampir di setiap budaya. Biasanya tiap budaya memiliki legenda sendiri-sendiri tentang mahluk mitologi ini. Yang paling terkenal mungkin adalah prince Ariel dari “The Litle Mermaid”nya Disney.
  • Dalam seri ini, dunia putri Duyung digambarkan dalam negeri bawah air bernama Thalasemia. Digambarkan juga bahwa peradaban mereka juga sudah sangat maju dan modern.
  • Digambarkan juga bahwa Raja Sanderson (ayah Lily) yang merupakan seorang raja memiliki trisula sakti yang diwariskan secara turun temurun. Konon trisula ini awalnya adalah milik Neptunus. Namun hanya keturunan Raja yang mampu mengeluarkan kesaktian trisula ini.

Keterangan Buku

Judul Buku            : Forgive My Fins (Lautan Cinta Putri Duyung)

Penulis                  :Tera Lyn Childs

Penerjemah           : Fe Fang

Penerbit                : Meta Mind (Imprint Penerbit Tiga Serangkai)

Tebal                     : 320 halaman, paperback

Tareget                  : Remaja

Genre                      : Fantasy Romance

ISBN                      : 978-602-98-5494-7

Sumber gambar : http://teralynnchilds.com