Tag

, , ,


Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.

Namaku, Raib. Dan aku bisa menghilang

18759843

Sebelumnya saya pikir novel Bumi ini akan mirip mirip dengan serial heroes di TV. Dimana ada beberapa orang berkekuatan super akibat adanya mutasi genetik. Tidak sepenuhnya benar, karna apa yang ditawarkan Tere Liye dalam serial ini jauh lebih rumit dari itu.

Selama lima belas tahun, Raib berhasil menyembunyikan keanehannya. Bahkan dari orang tuanya sendiri. Sampai suatu ketika ia lupa mengerjakan PR matematika hingga disuruh keluar bersama siswa urakan bernama Ali. Raib yang iseng menghilangkan tubuhnya tak sengaja kepergok Ali. Dan sepersekian detiknya ia melihat laki-laki misterius yang menyapanya.

Sejak kejadian itu, kehidupan Raib tidak sama lagi. Mulai dari Ali yang terus penasaran dengan kemampuan Raib. Sampai dengan sosok misterius yang ia lihat muncul di cermin di rumahnya. Puncaknya adalah ketika ia bersama sahabatnya Seli hampir tertimpa tiang listrik di depan sekolah mereka. Raib tahu, bukan dirinya saja yang berbeda. Seli ternyata bisa mengeluarkan petir dari tangannya.

Dari sini kita terus dibawa mengikuti petualngan fantastik Raib dan teman temannya. Mereka terjebak kedalam konflik di “dunia lain” yang pararel dengan bumi yang kita tinggali saat ini.

Konsep tentang dunia pararel bukanlah hal baru dalam karya fiksi. Kita bisa melihatnya pada Cronicle of Narnia atau Harry Potter Saga. Tapi dunia pararel dalam semesta novel ini sangatlah berbeda. Lebih bisa diterima nalarūüėÄ. Dalam dunia pararel ini terdapat empat klan yangmenempati bumi. Dimana keempatnya memiliki karakteristik masing masing dan tidak pernah bersinggungan. Tapi orang orang tertentu mampu membuka portal untuk memasuki masing masing dimensi.

  • Klan Bumi. disebut juga mahluk Tanah. Adalah dunia yang kita tempati sekarang. Paling rendah teknologinya. Tapi paling banyak penduduknya.
  • Klan Bulan. Jumlahnya lebih sedikit dari klan Bumi, tapi teknologinya lebih maju.
  • Klan Matahari. Jumlahnya lebih sedikit lagi dengan teknologi paling maju
  • Kaln Bintang. Kurang jelas keberadaannya, karna jarang ada mahluk klan lain yang berkunjung kesana.

Saya benar benar takjub dengan penggambaran dunia fantasy Tere Liye. Dan chemistry antara Raib, Seli dan Ali mengingatkan saya pada trio Harry, Hermione dan Ron yang bikin siapapun iri. Ketika karakter ini saja sudah cukup menghidupkan cerita, ditambah lagi karakter karakter lain yang bernyawa seperti Tamus, Miss Selena, Ilo, Av dan lainnya.

Judul Buku            : Bumi (Bumi #1)31339471

Penulis                  : Tere Liye

ISBN                       : 9786020301129

Penerbit                : Gramedia Pustaka utama

Tahun terbit           : Januari, 2014

Format                   : 440 halaman Paperback

Genre                    : Fantasy, Teen

 

 

Sumber Gambar Goodreads