Tag

, , , ,


23154820_10212079612438842_8728093397265251551_o

Blurb

Kalau manusia masih bisa kita lawan, tapi kalau yang ‘lain’ susah
Dahlia punya ide cemerlang untuk pindah sekolah dari desa ke sebuah asrama putri. Namun, asrama itu ternyata dikuasi oleh geng-geng yang sangat kejam dan semena-mena. Baru saja datang, loker Dahlia sudah dimasuki barang-barang aneh, bahkan tindakan mereka semakin menjadi-jadi setiap harinya

Bertekad membalas dendam, Dahlia dan teman-teman sekamarnya pun bermain-main dengan permainan terlarang. Hanya saja, siapa yang bisa menjamin permainan itu tidak akan balik menyerang mereka?

Belum lagi, asrama itu sepertinya menyimpan sebuah rahasia. Rahasia yang bisa membuat nyawa mereka melayang.

Keterangan Buku

asrama2Judul : Asrama

Penulis : Muhammad Fatrim

Editor : Th. Arie Prabawati

ISBN : 9786026383273

Penerbit : Penerbit Haru

Tahun terbit :September, 2017

Format : 296 halaman Paperback

My Review

Cerita dan plot : ****

Setelah melalui perdebatan dan sedikit drama dengan orang tuanya, Dahlia berhasil masuk ke sebuah sekolah asrama yang diinginkannya. Di asrama itu, Dahlia akan menghuni kamar nomor 206. Dahlia mendapat tiga orang teman sekamar yang akan menjadi sahabat-sahabatnya. Mereka adalah May, lena dan Farah.

Tapi sayangnya di asrama itu terdapat “kasta-kasta” yang mengkotak-kotakkan siswanya. Ada geng Queen yang berkuasa, geng Princess yang berada di bawah geng Queen dan sisanya disebut slave. Murid-murid yang masuk kasta slave sering menjadi bulan-bulanan geng queen. Dahlia dan sahabatnya termasuk salah satu korban. Karena ingin membalas dendam, Dahlia dan teman-temannya memainkan sebuah permainan pemanggil arwah.

“Sebelum itu aku ingin kalian pikirkan baik-baik, karena apa yang kita minta nggak bisa ditarik. Sekali kita melangkah, nggak ada jalan kembali. Ingat!” (hal-49)

Namun sejak saat itu, dahlia sering melihat penampakan-penampakan misterius. Belum lagi mimpi buruknya tentang wanita bernama Angel datang lagi. Tak cukup dengan urusan “mahluk halus” itu, Dahlia juga masih harus dibingungkan dengan teman sekelasnya yang suka muncul dan menghilang secara tiba-tiba, Maria. Maria sering mengucapkan hal-hal yang tidak dimengerti Dahlia. Juga tentang Pak Darus, tukang kebun yang terlihat mencurigakan. Apa yang sebenarnya terjadi di asrama itu?

Cerita tentang asrama berhantu bukanlah hal baru, tapi dalam novel ini penulis menggabungkannya dengan urban legend yang ada di Malaysia – yang juga sering kudengar di daerahku. Hal itu yang membuatku menyukai novel ini. Seperti kepingan puzzle yang saling melengkapi, aku takjub dengan cara penulis mengeksekusi hubungan dari puzzle-puzzle tersebut. Lalu mengkotakkannya pada satu cerita yang utuh.

Gimmik-gimmik adegan horrornya kujamin bisa bikin bulu kuduk merinding, bahkan bagi yang bukan penakut sekalipun. Tapi seperti yang kutulis di atas, aku justru lebih terpesona dengan twist-twistnya. Tadinya aku sempat bingung, akan dibawa ke mana cerita ini. Tapi begitu aku berhasil memecahkan hubungan ke semua peristiwa itu, aku jadi bertepuk tangan sendiri.

“Kamu mau keluar atau kamu sudah tahu?” (hal. 55)

Karakter dan Perkembangan Karakter : ****

Dahlia sebagai tokoh utama dalam cerita ini berhasil menyampaikan cerita sesuai keinginan penulisnya. Karakternya konsisten sejak awal. Walaupun aku masih belum mengetahui apa motivasi Dahlia ingin pindah ke sekolah asrama itu. Tapi itu bukan masalah besar.

Selain Dahlia, jalinan misterinya juga dibangun kuat oleh May, Lena, Farah, Maria, Ira juga dari anak-anak queen dan Princess. Mereka semua berhasil mengecohku selama hampir satu buku. Ada juga Adam yang jadi “crush” Dahlia. Dan kujamin akan jadi idola para pembaca cewek juga :D.

Twist dan Ending : ***

Kalau diibaratkan film horror, penulis menutup kisahnya dengan cara menggabungkan pakem film horror religi klasik dengan tren film-film modern. Maksudku kalau dalam film klasik, ending berarti benar-benar selesai sementara dalam film modern biasanya lebih suka memberikan ending terbuka. Maka novel ini gabungan dari keduanya. Loh koq? :D. Supaya gak penasaran kamu baca sendiri aja. Yang jelas aku cukup puas dengan ending seperti ini. Pertanyaan terbesarku saat membacanya sudah terjawab di akhir.

Twist-twistnya juga cukup membuatku terkejut, walaupun sebenarnya penulis menyisakan detail-detail kecil jika kita teliti. Rasanya pengen kubagi di sini deh, tapi nanti spoiler.

Terjemahan dan Tata Bahasa : ****

Seperti biasa, terjemahan haru tak pernah mengecewakan. Pun dalam novel ini, istilah-istilah slank Malaysia juga dibiarkan tanpa terjemahan. Sebagai gantinya kita dikasih tahu maknanya lewat footnote.

Cover : ****

Aku lebih suka cover versi penerbit haru. Mewakili isi cerita dan seremnya dapet.

Giveaway

Kalau kamu pengen baca juga, novel ini sudah tersedia di toko buku lo. Atau kamu bisa coba peruntungannya dengan mengikuti giveway di fanpage penerbit haru di akhir blogtour nanti. Ayo intip dulu syaratnya :

  1. Punya alamat pengiriman di Indonesia
  2. Follow Twitter @penerbitHaru, serta Instagram-nya @penerbitharu
  3. Share info link blogtour + giveaway #NovelAsrama ini di sosmed kalian (boleh di sosmed apa saja; Twitter, IG, FB dll) dan mention 2 temanmu yang sekiranya tertarik untuk ikutan blogtour ini, sertakan juga hastag #NovelAsrama (wajib).
  4. WAJIB LIKE FANPAGE @penerbitharu. Karena d akhir event blogtour Asrama akan ada GIVEAWAY FINAL di fanpage penerbit pada tanggal 07 Nov 2017 dan syarat untuk bisa ikutan giveaway-nya adalah kalian wajib mengumpulkan semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada di setiap host blogtour-nya.
Pertanyaan dari aku adalah:
“Selama tinggal di Asrama, Dahlia tinggal di kamar nomor berapa?”
Untuk menjawab dan mencari tahu semua pertanyaan dari host blogtour Novel Asrama, kalian bisa langsung klik link blog dari semua host dibawah ini.
Banner Blogtour
  1. Pida Alandrian | 28 Oktober

Link Blog: https://collection-of-book.blogspot.co.id/

  1. Diana Fitri | 30 Oktober

Link Blog: http://www.dipiwarawiri.com/

  1. Fuada Nisa | 01 November

Link Blog: http://ulasannisaa.blogspot.co.id/

  1. Gea Harovansi | 03 November

Link Blog: https://bugot.wordpress.com/  (KALIAN SEDANG ADA DISINI)

 

  1. Sapta Resita Putri | 05 November

Link Blog: https://septandbooks.blogspot.co.id/