Tag

, ,


“Perhaps that is the best way to say it: printed books are magical, and real bookshops keep that magic alive.”
Jen Campbell

gramediago4

Launching Gramedia Go Bersama Book Blogger dan Booktuber

Bumi berputar, kehidupan berjalan dan segala sesuatunya berubah menyesuaikan diri. Sebagai mahluk yang berada pada kasta tertinggi dalam rantai makanan, manusia harus beradaptasi dengan perubahan itu. Dan biar tetap survived, saya juga akan berusaha untuk mengimbanginya semua perubahan itu. Semuanya kecuali … digitalisasi buku. Saya bukannya anti banget dengan buku elektronik, saya juga berlangganan Gramedia Digital kok dan sesekali membeli ebook di Play Store. Tapi memiliki printed books adalah kebahagiaan tersendiri. Jadi sampai kapanpun, toko buku fisik tetap merupakan surga dunia bagi saya. Dan bicara soal toko buku, saya cuma kebayang nama Gramedia.

Dulu untuk mencapai Gramedia, saya harus berangkat ke Ibu Kota Propinsi yang jaraknya sekitar tiga setengah jam perjalanan dengan bis. Tentu saja mengunjungi Gramedia adalah sebuah kemewahan yang tak bisa rutin saya nikmati. Hikmahnya, saya jadi punya cukup waktu untuk menyisihkan uang saku untuk membeli buku yang saya inginkan. Tapi, tentu saja tidak semua keinginan saya tercapai. Seringkali buku yang saya inginkan habis atau belum ada stocknya di Toko. Itu berarti saya harus menunggu sampai bulan berikutnya biar bisa ke Gramedia lagi.

Sedih nggak sih?

Zaman sekarang mungkin drama kayak gini nggak akan terjadi lagi. Soalnya sudah banyak banget toko buku online yang tinggal di klik dari rumah. Bahkan sudah tersedia fasilitas Pre order dari penerbit dan penulis kesayangan. Tapi, saya tetap lebih memilih mengunjungi Gramedia langsung. (Book lover pasti ngerti gimana rasanya berada di antara rak-rak penuh buku baru). Yah walaupun untuk daerah saya, harga bukunya lebih mahal dari Pulau Jawa :(. Wajar sebenarnya, karena distribusi buku ke Gramedia di daerah butuh waktu dan biaya lebih banyak.

Namun sesayang-sayangnya saya sama Gramedia, tetap keki juga kan kalau udah datang jauh-jauh ke sana tapi buku incaran kita belum nyampe. Pas minggu depan balik lagi, stocknya malah abis. Kalau udah kayak gini mau nyalahin siapa? salah mbak-mbak yang jaga Gramednya? Salah presiden? Salah gue? Salah tem–teman-teman gue?

gramediago logo

Saya gak pernah nyangka kalau ternyata hal ini juga sudah dipikirkan pihak Gramedia sejak lama. Dan kemarin, tanggal 14 Oktober 2019, saya berkesempatan menghadiri Mini Launching Gramedia Go di Gramedia Pondok Indah Mall. Gramedia Go adalah inovasi terbaru yang akan menyelesaikan masalah-masalah kita di atas.

Mengenal Gramedia Go

Gramedia Go adalah inovasi terbaru hasil kerja sama Toko Buku Gramedia dengan Gramedia Digital Nusantara. Layanan ini menggabungkan  kenyamanan belanja di toko fisik Gramedia dengan kemudahan belanja di situs Gramedia.com. Ilustrasinya begini, kamu ke toko Gramedia terdekat untuk membeli buku incaranmu, sekalian cuci mata. Kalau misalnya buku yang kamu cari nggak ada stocknya di outlet itu, kamu bisa manfaatin fasilitas Gramedia Go.

Nanti akan ada petugas yang membantumu memesankan judul yang kamu cari via Gramedia.com dan bukunya akan langsung dikirimkan. Jadi kedatangan kamu ke Gramedia gak sia-sia. (Sebenarnya kunjungan ke toko buku gak pernah sia-sia juga ya 😀) Dan berita bagusnya, harga yang dibandrol bakalan SAMA SE-INDONESIA. Jadi nggak ada lagi ketidakadilan bagi booklover di luar Pulau Jawa.

Saat ini ada dua layanan yang disediakan Gramedia Go (dan masih akan berkembang ke depannya) :

  •  Order From Store. Ilustrasinya seperti yang kujelaskan pada paragraf sebelum ini. Saat kamu nggak menemukan buku yang kamu cari di outlet. Petugas Gramedia Go akan membantumu memesan buku tersebut via Gramedia.com dan kamu bisa melakukan pembayaran di toko. Saat ini ada promo potongan ongkis kirim sampai 10.000 rupiah loh. Aku dan beberapa teman bookstagram sudah ada yang mencooba fitur ini kemarin dan ada  beberapa orang yang pesanannya sudah sampai. Layanan ini sudah tersedia di seluruh Gramedia di Indonesia.

  •  Pick Up In Store. Ini khusus buat kamu yang udah pesan via Gramedia.com (atau pesan di outlet via Gramedia Go) tapi masih mau mangkas ongkos kirim. Kamu bisa jemput bukunya ke Store terdekat. Tapi untuk saat ini, layanan ini baru diuji coba di Gramedia Matraman. Sabar ya :), manfaatin promo potongan ongkir aja dulu. Cuma sampai tanggal 31 Oktober ini loh. Dan siapa tahu, setelah promo free ongkir berakhir, layanan Pick Up In Store bisa segera menjangkau semua outlet Gramedia.

Tutorial Menggunakan Layanan Gramedia Go

Bener kan? inovasi Gramedia ini menguntungkan banget. Terutama buat teman-teman dari luar Pulau Jawa. Kalau masih bingung, nih aku kasih tutorial menggunakan layanan Gramedia Go :

gramedia go12

Mencoba fitur Gramedia Go

  1. Kunjungi Gramedia terdekat. Kalau lagi gabut, gakk masalah juga mampir ke gramedia di kota sebelah.
  2. Cari dulu yang kamu cari di tokonya. Kalau malas muter-muter, bisa manfaatin komputer yang tersedia di setiap sudutnya.
  3. Kalau emang stocknya masih nggak ada, baru deh cari mas/mbak yang bertugas menjalankan Gramedi Go. Ada ciri khasnya kok, mereka pakai efron Oranye kayak di foto ini nih :
  4.  Ikuti instruksi yang diberikan petugasnya
  5.  Lalu pilih metode pembayaran yang kamu mau. Bisa cash, debit dan lainnya.
  6.  Minta struk pembayaran sebagai bukti transaksi kamu berhasil. Ingat, minta struknya aja ya. Nomor mbaknya jangan ikut diminta. Jangan Ganjen!!
  7.  Kalau udah selesai, silahkan pulang dan tunggu bukunya datang sambal rebahan.