Tag

, , , , ,


Setelah sempat kecewa dengan “Misteri Dilema Seorang Menantu”, rasa kecewa terobati setelah menemukan jilid 2 dari novel “Asmara di Pondok Songka”. Sebenarnya jilid pertama  buku ini sudah saya baca dari setahun yang lalu. Hanya saja, saat itu saya pikir ceritanya terlalu lamban. Bukan berarti tidak menarik sih, hanya sedikit jengah saja disuguhi adegan bak sinetron kita yang aduh…., apalagi konco Kosasih dan gozali tidak ada di jilid ini. Jadi saya pikir ini novel lepas dari S Mara GD. Hanya kebetulan saja saya mampir kr TB Rezka lagi setelah sekian lama untuk nguber-nguber koleksi novel tahun 89-annya. Dan beruntungnya mereka bersedia menjualnya ^_^

Jadi saat obrak-abrik koleksi novel jadulnya, saya nemu “Misteri Asmara di Pondok Songka “, dan iseng baca sinopsisnya langsung deh pengen punya. Jadi begini ceritanya :

Stella, gadis yatim piatu itu akhirnya menjadi Cinderella setelah kekasihnya, Bertus Songka melamarnya. Namun pernikahan mereka harus ditunda karena Bertus mendapat tugas ke Irian. Untuk menjalin keakraban dengan keluarganya, Bertus meminta Stella untuk tinggal di rumah keluarga Songka selama ia bertugas. dimulailah hari-hari Stella di rumah mewah itu bersama keluarga Bertus yang unik. Ibunya, Rien songka tidak menyukai Stella karena alasan yang sangat takhayul. Lalu ada oma Amanda, nenek Bertus dan kakaknya Oma Luki yang dengan cepat jatuh hati pada Stella, juga nikolaus Songka, paman Bertus yang masih lajang di usianya yang sudah kepala empat. Ada lagi tante Koni yang sepertinya sudah tidak peduli dengan hal selain masak dan makan.

semuanya akan lancar saja, bila Bertus tidak meninggal dalam kecelakaan pesawat. Dan Rien semakin yakin kalau Stella adalah pembawa sial. Namun kedua oma membujuk Stella untuk tetap tinggal di pondok Songka, dan bahkan oma amanda mencatat Stella sebagai salah satu ahli warisnya. LAlu muncul Yakob dan keluarganya, notaris yang masih masih memiliki hubungan keluarga dengan oma Amanda. Yakob yang tamak mengetahui Stella akan mendapat warisan dari oma amanda berusaha menjodohkan Stella dengan Deny, putranya. Padahal Stella telah saling jatuh cinta dengan Nikolaus (S Mara GD sering memasukkan kisah cinta lintas umur seperti ini dalam novelnya). Berkat tipu daya Jakob, Nikolaus yang masih ragu-ragu memutuskan hubungan dengan Stella. Padahal Stella sedang hamil, saat kondisi hancur itu Deny datang sebagai malaikat. Namun seminggu sebelum pernikahannya dilangsungka, terjadi tragedi di rumah songka. Oma Luki meninggal disusul kematia Widya, yang ternyata memiliki hubungan dengan Deny. Yang lebih parah, Stella menjadi tersangka utamanya.

Dari keseluruhan seri Kosasih dan Gozali, menurut saya ini adalh yang paling bagus. Ketika kita pikir semuanya sudah selesai, kenyataan sesungguhnya perlahan-lahan terungkap. Dan saya tak bisa tak bersimpati pada pelakunya.🙂 Walaupun alurnya lamban, namun S mara GD menceritakan dengan sangat detail. Pembunuh sebenarnya benar-benar tidak terduga.

Katanya, novel ini sempat disinetronkan juga dengan Dony Damara sebagai bintangnya. Saya memang menyukai kisah-kisah Kosasih dangozali (kecuali Dilema Seorang Menantu). Tapi covernya bikin ilfeel bener…. Agak-agak mirip covernya novel-novel kakilima😀 (bukan berarti saya bilang sastra kaki lima gak bagus yah, hanya saja seperti novel-novel S Mara GD mereka butuh tenaga layt out yang lebih keren).