Tag

, , , , ,


Tak peduli apa kata dunia, Fadli, The Crown Prince of Kusharyawan Megah Grup tetap nekat menikah dengan the commoner Dayana a.k.a. Dea. Padahal cinta mereka tadinya justru berawal dari ‘permusuhan’ di wall Facebook.

Berbagai peristiwa menguji pernikahan muda mereka, mulai dari kedatangan mantan-mantan pacar sang pangeran, permasalahan tiga anak mereka yang bukan darah daging Dea, hingga isu ‘status gelap’ Fadli di masa lalu. Semuanya membuat Dea nyaris lelah bertahan.

Di saat-saat tertekan itulah, muncul seorang Chandra Wibawa, cinta pertama Dea saat masih SMA. Ia seorang lelaki kharismatik yang paling tulus dan pengertian yang pernah dikenal Dea. Mengetahui si jenius Chandra masih sendiri, Dea pun berusaha menjodohkannya dengan Tita, salah satu sahabatnya di Geng Tikus Pengerat yang juga seorang ‘hantu Facebook’.

Akan tetapi, badai tak kunjung mereda di dalam rumah tangga Fadli dan Dea. Misteri dan tanya menjadi tumpang tindih. Apakah cinta lama akan bersemi kembali? Menjadi his Queen Fabiola lagi di hati Chandra?

Sekuel Facebook on Love yang segar, tapi juga mengaduk emosi

8407205Huwa, sebenarnya bingung gimana mau review buku ini biar gak spoiler. Ditambah lagi masih ada sisa-sisa mewek dari endingnya yang bikin nyesek. Sebenarnya endingnya udah manis koq dimana semua orang dapat giliran bahagianya masing-masing. Tapi aku udah terlanjur berharap kalau yang bakjal happyly ever afternya itu Dea dan Fadly.

Oke, mari kita bahas satu satu tentang sensasi rasaku usai menuntaskan buku ini. Sejak awal sampai pertengahan buku aku gak berhenti ngakak bacanya. Mbak Ifa piawai sekali meciptakan adegan-adegan komikal yang memncing tawa. Narasinya juga tetap manis dan mengalir. Meski kali ini, gaya bahasanya lebih nyantai ala metropop, tapi tetap aja mbak Ifa mampu menciptakan adegan-adegan romantis dalam rumah tangga Fadly dan Dea. Misalnya seperti ini :

Fadly dengan sok imut ‘nemplok’ di punggung Dea. “Galak!” bisiknya di telinga istrinya. karena tak mengantisipasi, tubuh Dea menjadi condong ke depan.

“Gila ya kamu! Aku lagi hamil gini kok ditemplokin kayak koala. Lepas!” Omelnya.

Menahan senyum, Fadly segera merangkulkan lengan kukuhnya di bahu Dea. “Kamu bawel betul sih, Sweet?”

Tanpa kata-kata puitis yang melankolis, mbak Ifa menggambarkan dengan biasa-biasa saja keintiman Fadly dan Dea. Namun justru hal itulah yang membuatnya lebih terasa dalem.

Sejak awal, kupikir ini adalah sejenis komedi romantis murni. Tapi sayangnya menurutku mbak Ifa seperti “hilang arah” tentang kemana novel ini akan dibawanya. Pasca ngakak-ngakak di setengah isi buku pertama, kita “dipaksa” mewek-mewek dengan kemalangan beruntun yang menimpa rumah tangga mereka. Rasanya seperti nonton sinetron yang pakai season-season di TV. Season awalnya oke, rom-com abis. Tapi tahu-tahu di season dua jadi menye-menye kayak yang lain. (eh, bukan berarti aku penggemar opera sabun ya -__-). Untungnya teman-teman Dea di geng tikus pengerat tetap “konsisten” dengan kelucuannya. Dan kehadiran Chandra yang oh so perfect dan baiknya kebangetan menjadikan ia “pantas” jadi the new leading male role.

Selain narasi-narasi biasa, mbak Ifa juga menyajikan cerita dalam bentuk status dan note facebook. Juga ada beberapa halaman berupa dialog YM dan SMS. Hal ini membuat novel menjadi lebih real dan ngena. Tapi sayanganya menurutku ada beberapa celah kecil yang membuatku bertanya-tanya. Misalnya dalam tiap note dan status tokoh. Yang komen dan di tag cuma tokoh-tokoh lain yang juga jadi fokus di novelnya. Memangnya di FB mereka gak punya teman lain gitu ya? #Kepo .

Etapi terlepas dari uneg-unegku tadi, aku tetap suka banget sama novel ini.Makin mendekati ending, akan banyak twist-twist tak tertebak. Yang kalau aku sebutin bakal jadi spoiler.  Intinya novel ini konsisten banget sama taglinenya : “True Love Ways”. Benang merah cerita di novel ini memang tentang jodoh dan takdir cinta. Hihi, padahal belum baca novel pertamanya. Penasaran gini jadinya😀.

Keterangan Buku

Judul Buku            : Facebook on Love 2 : True Love Ways

Penulis                  : Ifa Avianty

Editor                     : Azzura Dayana

Penerbit                : Lingkar Pena Publishing House

Tahun terbit           : 2010

Format                   : 269 halaman Paperback

Genre                    : Romance

Di novel ini, juga bertebaran lirik-lirik lagu yang pas banget jadi theme song saat membaca buku ini. Misalnya lagu ada band yang ini.