Tag

,


matahariNamanya Ali, 15 tahun, kelas X. Jika saja orangtuanya mengizinkan, seharusnya dia sudah duduk di tingkat akhir ilmu fisika program doktor di universitas ternama. Ali tidak menyukai sekolahnya, guru-gurunya, teman-teman sekelasnya. Semua membosankan baginya. Tapi sejak dia mengetahui ada yang aneh pada diriku dan Seli, teman sekelasnya, hidupnya yang membosankan berubah seru. Aku bisa menghilang, dan Seli bisa mengeluarkan petir. Ali sendiri punya rahasia kecil. Dia bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian bertualang ke tempat-tempat menakjubkan. Namanya Ali. Dia tahu sejak dulu dunia ini tidak sesederhana yang dilihat orang. Dan di atas segalanya, dia akhirnya tahu persahabatan adalah hal yang paling utama.

Setelah petualangan menegangkan yang menewaskan teman mereka Ilo di klan Matahari, Ra dan kawan-kawan harus menjalani kehidupan seperti remaja normal lainnya. Apalagi sebelum berangkat Av meminta Ra berjanji untuk tidak menggunakan buku matematikanya lagi. Petualangan antar klan nyaris hanya jadi mimpi bagi mereka bertiga.

Tapi berbeda dengan Ra dan Seli yang bisa menyembunyikan rasa penasaran mereka. Ali sangat antusias dengan keberadaan klan Bintang yang selama ini hanya dianggap sebagai mitos di semua klan. Selain itu Ali juga mengalami perubahan perubahan yang sulit diterima Ra. Dari siswa urakan anti sosial, Ali berubah menjadi bintang basket yang mengharumkan nama sekolah. Puncaknya adalah saat Ali nyaris berubah jadi beruang raksasa saat pertandingan basket. Sebelum Ra sempat menyelamatkannya ada mahluk lain yang lebih dulu “menculik” Ali.

Ternyata mahluk yang menculik Ali adalah benda ciptaan Ali sendiri. Buku ketiga ini memang lebih berfokus pada Ali dengan tingkat kejeniusannya. Berbekal pengetahuan teknologi bulan yang diberikan Av padanya, Ali melakukan eksperimen  eksperimen tidak masuk akal. Bukan hanya berhasil menciptakan kapsul pintar bernama Ily, Ali juga berhasil menemukan keberadaan Klan Bintang yang selama ini hanya seperti dongeng. Ternyata Klan Bintang ada dalam dimensi yang sama dengan Bumi, tapi berada jauh di dasar bumi.

Maka, perjalanan lintas klan kali ini tidak dilakukan dengan buku matematika Ra. Tapi mereka melakukan perjalanan secara manual menggunakan Ily. Dan memang benar, klan Bintang adalah klan yang paling maju diantara semua klan. Teknologi jauh melampaui teknologi klan Bulan dan Matahari. Hanya saja di klan ini manusia dengan kekuatan super seperti Ra dan Seli dianggap ancaman. Bisa ditebak masalah besar apa yang menanti mereka disana. Tapi petualangan mereka kali ini akan membuka sebuah rencana besar yang dilakukan petinggi klan Bumi yang akan membahayakan semua klan.

Di buku ini dijelaskan banyak misteri yang belum terpecahkan dalam dua buku sebelumnya. Seperti keberadaan orang tua Raib, tentang buku kehidupan dan juga tentang asal usul klan Bintang. Tapi tetap saja belum ada penjelasan lebih lengkap soal mengapa Ali bisa berubah jadi beruang raksasa saat marah.😀

My opinion

Sepertinya Tere Liye sudah merencanakan keberaadan empat buku ini sejak menulis buku pertamanya😀. Hal ini terlihat dari masalah dan konflik yang terus “naik kelas” di tiap sekuelnya. Benang merah ke semua kisah juga digambarkan secara simultan. Meskipun ada banyak pertanyaan yang terjawab di buku ini, tapi dijelaskan secara bertahap. Sehingga meskipun penasaran, kita masih sabar menunggu kuncinya di buku ke empat. Ceritanya memang berkesinambungan namun tetap bisa dinikmati secara kesatuan.

Yang paling saya sukai tentu saja penggambaran Tere liye yang mendetail tentang deskripsi semesta yang diciptakannya. Saya bisa membayangkan dengan jelas bagaimana bentuk ruang-ruang di klan Bulan. Perkembangan karakter Ra dan kawan-kawan juga terlihat masuk akal. Meskipun masalh yang mereka hadapi bukan lagi masalah anak-anak, tapi kita masih melihat bahwa merekaa tetap masih remaja berumur 15 tahun.

Tere Liye tidak “memaksa” mereka jadi pahlawan super yang tahan banting seperti Rambo. Untuk menjaganya tetap manusiawi, ia selalu menyelipkan “karakter tua” yang berperan penting di setiap novelnya. Pada novel ini diwakilkan oleh Faar, Kaar dan Marsekal Laar. Jadi pekerjaan yang seharusnya dilakukan orang dewasa tetap dilakukan oleh mereka. Penjahatnya juga diciptakan sedemikian rupa sehingga dengan gampang kita membencinya.

Satu satunya hal yang saya keluhkan di novel ini adalah proses menunggu novel berikutnya yang mungkin saja baru akan terbit tahun depan😦. Bukan berarti ending dalam Matahari menggantung, konflik utama dalam buku ini sudah “selesai”. Tapi kita juga diperkenalkan masalah utama dalam serial ini. Jadi sudah bisa terbayangkan akan seseru apa buku terakhirnya nanti.

Sayangnya saya agak sedikit terganggu dengan misteri kekuatan Ra dan Buku kehidupan. Hal ini sedikit mengingatkan saya pada serial favorit saya Once Upon A Time, yang saat ini memasuki season 6. Di serial ini dijelaskan ada satu orang di tiap zaman yang disebut sebagai Savior (penyelamat). Savior adalah pahlawan yang ditakdirkan untuk melindungi orang-orang di zaman menghadapi orang orang jahat. Sayangnya nasib setiap Savior di tiap Zaman selalu berakhir sama, yaitu mati di tangan orang jahat untuk menyelamatkan manusia.

savior

Nah saya melihat sedikit kemiripan nasib Ra dan buku kehidupan dengan Savior dari Once Upon A Time ini. Saya khawatir jika nanti Ra juga akan dibuat bernasip sama dengan para Savior dari series ini. Terlebih lagi jika melihat hint yang diberikan di novel ini. Seperti masalh besar yang akan dihadapi keempat klan dan cerita mengenai pemegang buku kehidupan pada zaman sebelumnya.

Tapi saya yakin, Tere Liye akan selalu memberi kejutan di tiap karyanya. dan saya tidak sabar untuk menunggu kejutan itu di buku berikutnya, Bintang. Bintang lima untuk buku ini.

Penulis                  : Tere Liye

ISBN                       : 9786020332116

Penerbit                : Gramedia Pustaka utama

Tahun terbit           : july, 2016

Format                   : 390 halaman Paperback

Genre                    : Fantasy, Teen

sumber gambar : goodreads, redbubble

Baca juga ulasan novel Tere Liye yang lain di blog ini :

  1. Rembulan Tenggelam di WajahMu
  2. Kau, Aku Dan Sepucuk Angpao Merah
  3. Cintaku Antara Jakarta dan Kuala Lumpur
  4. Negeri Para Bedebah
  5. Bumi
  6. Bulan