Tag

, , ,


Jarang banger dah saya ikutan blog meme, biasanya disebabkan karena waktu blogging saya yang gak menentu. Kali ini bela-belain deh ikutan bloghopnya, apalagi ada hadiahnya😀. Blog Hop yang dihost mbak Astrid (Book To Share) sebenarnya sudah berlangsung untuk yang ke-20, jadi tiap minggunya kita diminta untuk posting tentang satu buku yang jadi wishlist kita minggu itu. Untuk yang pengen ikutan juga silahkan liat ketentuannya di bawah postingan ini. Dan wishful saya adalah…..

Sinopsis dari Goodreads :

Yesus adalah salah satu sosok yang paling banyak dikaji dalam sejarah. Dalam dua ribu tahun sejak kelahirannya, telah terbit sangat banyak buku dan artikel tentang setiap aspek kehidupan, kepribadian, dan ajarannya.

Karya-karya tersebut sebagian besar bersandar pada Perjanjian Baru, sumber-sumber Kristen, Yahudi, dan sumber-sumber sejarah lainnya. Al-Quran jarang disebut-sebut, apalagi dipertimbangkan, oleh sebagian besar penulis Kristen dalam kajian-kajian ini.

Pengabaian ini mencerminkan anggapan bahwa Al-Quran tidak dapat diandalkan sebagai sumber penelitian sejarah. Sebaliknya, para peneliti Muslim yang menulis tentang Yesus mempelajari secara terperinci apa yang dikatakan Al-Quran dan sumber-sumber Islam lainnya tentang Yesus, namun menolak gambaran Kristen tentang Yesus.

Buku ini menampilkan kajian yang menempatkan sumber-sumber sejarah tentang Yesus secara berimbang. Karya yang ditulis dengan penelitian ekstensif ini mengisi kekosongan dalam literatur tentang Yesus historis dengan mempertimbangkan Al-Quran, Injil, dan sumber-sumber religius dan historis lain

Sejak terjemahan buku ini mulai diinfokan akun twitter penerbiut mizan, saya sudah langsung memasukkannya ke daftar wishlist. Alasannya karena saya memang suka kajian sejarah mengenai suatu tokoh. Dan Jesus (Isa Almasih) sudah lama jadi tokoh sejarah yang sangat menarik. Al-quran  sebagai kitab suci umat islam pun banyak membahasNya. Bahkan di dalam Al-quran ada satu surat khusus yang dinamai dengan nama ibu beliau Mariam (Maria). Saya juga sudah membaca versinya menurut bible sepotong-sepotong. Secara historis hampir mirip, perbedaannya terletak pada sisi Ketuhanan Jesus. Namun itu kembali ke keyakinan kita kan? Saya selalu tidak merasa bermasalah membaca literatur yang tidak sesuai dengan keyakinan saya. Selama itu tidak menjelekkan pendapat lainnya gak masalaj kan?

Lalu muncul buku ini yang mengkaji sejarah Jesus dari berbagai sudut pandang. Gak cuma menurut kajian teologis Al-Quran dan Bible, tapi juga kajian historis dari para ilmuan. Bagaimana mungkin saya tidak ngiler coba. Apalagi sejak mendalami buku-bukunya Armstrong, saya mulai merasakan ketertarikan mendalam pada buku kajian seperti ini.

Buku ini bisa dibeli di http://publishing.mizan.com/index.php?fuseaction=buku_full&id=6240. Sebenarnya harganya Rp. 115.000,- tapi di mizanstore ada diskon, jadinya Rp. 97.750,- (masuk itungan kan mbak Astrid)

Nah, buat kamu yang pengen pamer wihlist juga, ikutan juga. Siapa tahu kamu yang beruntung wishfulnya dikabulkan mbak Astrid. Berikut syarat dan ketentuannya :

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)